Cara Murah Mengukur Kelembaban Cara Murah Mengukur Kelembaban | Tiram Jogja

Monday, April 16, 2012

Cara Murah Mengukur Kelembaban


Seperti yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya bahwa untuk membudidayakan jamur secara baik anda harus mengetahui dua parameter utama yaitu suhu/temperatur dan kelembaban. Tanpa mengetahui dua parameter utama ini anda seperti berlayar di ssamudra luas tanpa kompas.
Temperatur dapat anda ketahui dengan sebuah termometer. Kelembaban dapat diukur dengan Hygrometer. Atau anda juga dapat membeli sebuah Thermo-Hygro untuk mengetahui temperatur dan kelembaban sekaligus. Namun sebuah Thermo-Hygro setidaknya berharga
Rp. 150.000 (buatan Cina). Thermo-Hygro dengan akurasi yang bisa dipercaya buatan Jerman berharga sekitar Rp. 250.000. Anda yang bermodal kecil tentu saja uang sebesar itu lebih baik dibelikan log.


Sebenarnya kelembaban juga bisa diukur Termometer sederhana yaitu dengan membandingkan “suhu bola kering” dengan “suhu bola basah”.
Suhu bola kering adalah suhu yang biasa kita ketahui ketika membaca Termometer pada umumnya. Suhu bola basah adalah suhu udara pada kondisi jenuh. Cara mudah untuk mendapatkan suhu bola basah adalah anda tinggal menyelimuti dasar Termometer tersebut dengan selapis kain basah, tunggu beberapa saat. Suhu yang terukur merupakan suhu bola basah. Semakin anda detail membaca kedua suhu tersebut, kelembaban yang akan anda dapatkan akan semakin akurat.
Setelah anda mendapatkan kedua suhu tersebut ukur kedua suhu tersebut pada grafik . Perpotongan kedua garis suhu tersebut akan menunjukkan kelembaban.
Grafik kelembaban bisa anda dapatkan dengan cara:
1.      Mengirimkan amplop kosong balasan berperangko lengkap dengan alamat kirim ke:
            Sdr. Bahtiar
           d/a Dipowinatan MG I / 174 Yogyakarta.
2.      Menautkan blog ini.

1 comment:

  1. mas mau tanya,,kain untuk bola basah itu kainnya basah sekali (jenuh) atau cukup lembab saja?tks

    ReplyDelete